Pesona Kehidupan yang Menarik dalam Kisah Bertema Fantasi - IIHIDAYAT.COM

Pesona Kehidupan yang Menarik dalam Kisah Bertema Fantasi

Pesona Kehidupan yang Menarik dalam Kisah Bertema Fantasi
Dunia Fantasy
Sumber Gambar:Freepik

Berbicara tentang fantasi, siapa yang tidak suka dengan tema yang didasarkan pada daya pikat imajinasi dari sang penulis ini? fantasi menarik kita kedalam dunia mistik dimana segala sesuatu menjadi mungkin. Pernahkah kalian berpikir untuk menjadi kesatria pemberani dan mengalahkan seekor naga, menjadi seorang penyihir yang sangat ahli, atau menjadi pahlawan penyelamat dunia? Dunia fantasi adalah kanvas imajinasi, tempat kita bisa menjadi siapa pun dan melakukan apa pun.

Lalu, bagaiman kita dapat menikmati dunia angan tersebut?

Cara kita tenggelam kedalam angan dari imajinasi adalah dengan membenamkan diri melalui portal ajaib yang telah tersedia dalam berbagai bentuk media. Mau tahu apa itu? Tentu saja, Buku, Film, atau bahkan Game. Biarkan diri kalian terbawa suasana alur cerita, karakter, dan dunia yang diciptakan oleh sang maestro "Penulis" kisah tersebut.

Saat membaca, menonton atau bermain game, cobalah bayangkan diri kamu berada di dunia fantasi tersebut. Rasakan atmosfernya, lihat pemandangannya, dengarkan suaranya, dan rasakan emosi yang mengalir di dalamnya. Jangan takut untuk bermimpi, jangan takut untuk berimajinasi dan membayangkan hal-hal yang tidak mungkin di dunia nyata. Dengan melakukan hal seperti itu bukan berarti kita gila, tapi kita mencoba untuk bersenang-senang dengan cara yang berbeda.

Role-playing: Petualangan tak terbatas dalam Imajinasi

Apa itu Role-Playing?

Role-playing atau permainan peran kegiatan dimana seseorang memainkan peran sebagai karakter fiksi atau nyata dalam situasi tertentu. Dalam konteks fantasi Role-Playing biasanya melibatkan peran makhluk yang ada dalam dunia fantasy seperti penyihir, kesatria, elves, dwarves, halfling atau makhluk fantasi lainnya. Pernah memainkan atau mungkin hanya sekedar mendengar tentang Dungeon & Dragons? Disingkat DnD, permainan peran diatas meja alias tabletop RPG ini kita diajak membuat sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa karakter yang masing-masing pemain memiliki kebebasan dalam membuat nya. Misalnya dalam pemilihan kelas seperti penyihir, kesatria atau kalian ingin menjadi seorang karakter dengan kelas pencuri? Tentu saja bisa, setiap kelas memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Disini kita akan berperan sebagai sekelompok petualang yang berpetualang di dalam dunia fantasi yang kita ciptakan sendiri.

Pemain berkolaborasi untuk menciptakan cerita bersama, sementara satu orang bertindak sebagai Dungeon Master (DM). DM bertugas sebagai narator, wasit, dan pengatur permainan. DM menggambarkan dunia, mengendalikan karakter non-pemain (NPC), dan memandu pemain melalui petualangan mereka. Kita sebagai pemain harus bekerja sama untuk mengatasi tantangan, mengalahkan monster, dan memecahkan teka-teki. DnD juga menawarkan kesempatan untuk memerankan karakter yang berbeda dari diri sendiri, mengeksplorasi dunia fantasi yang kaya, dan menciptakan cerita yang tak terlupakan, petualangan tanpa batas di dalam imajinasi.

Cukup menarik bukan?

Ah.. Selain bermain secara langsung diatas meja, kita juga dapat menjelajahi dunia fantasi secara Role-Play dibalik layar kaca. Di era perkembangan zaman ini tentu saja game adalah hiburan yang sudah menjadi hal umum ditambah perkembangan grafis yang cukup pesat menjadikannya daya tarik tersendiri, khususnya bagi kamu yang sangat menyukai dunia fantasi. Sudah pasti kamu dapat bertahan selama berjam-jam, berjalan-jalan dan menikmati dunia imajinasi nan indah yang divisualisasikan dihadapan mata.

Kamu pernah bermain Role playing game (RPG), bukan? Dunia mana saja yang pernah kalian kunjungi? Kalau saya untuk saat ini sangat menyukai thedas, dunia dari game RPG berjudul Dragon Age origins, selain itu saya juga berpetualang di benua tamriel melalui game RPG The elder scrolls: Oblivion. Memang game RPG yang sedang saya mainkan bukanlah game RPG terbaru namun siapa yang tidak tahu dengan kedua game diatas? Dengan latar cerita, tempat, dan lore history yang sangat menkjubkan tentu saja saya tetap mendapatkan pengalaman menyenangkan tenggelam di dalam dunia fantasi yang padat. Selain 2 game RPG diatas kamu patut mencoba beberapa game dengan pengembangan dunia yang indah seperti the witcher, The Elder scrolls: Skyrim (masih satu dunia dengan Oblivian hanya berbeda wilayah), Dark soul, suka anime? Tentu saja JRPG (Japanese Role Playing Game) harus masuk seperti Ar Tonelico series, Tales of series dan masih banyak lagi. Coba salah satu dan mulailah petualangan indah dalam imajinasi secara visual dan jadilah pahlawan penyelamat dunia.

Dalam dunia fantasi, imajinasi adalah aspek tertinggi. Para penulis menenun dunia yang rumit yang penuh dengan keajaiban, keajiban daaan keajaiban, mengundang kita untuk melepaskan diri dari batas-batas realitas dan tenggelam dalam kemungkinan-kemungkinan imajinasi yang tidak terbatas.

Pesona Fantasi dalam Lembaran Buku

Pasti kamu pernah membaca sebuah buku fantasi dan tenggelam di dalamnya. Buku fantasi apa yang pernah kamu baca?

The Lord of the Rings, Narnia, Harry Potter, Eragon, Game Of Thrones? Atau Novel fantasi yang tidak saya sebutkan? Pastinya di dalam kisah-kisah fantasi tersebut ada kesan yang mendalam bagi kamu yang membaca nya. Apa yang paling berkesan dari dunia fantasi dalam cerita tersebut menurutmu? Kalau menurut saya aspek pengembangan dunia atau biasa disebut world-building adalah aspek yang paling berkesan dalam sebuah dunia fantasi. Karena aspek tersebutlah yang dapat membuat kita merasa hidup di dalam dunia fantasi, hal tersebut jugalah yang membuat dunia fantasi itu seperti "HIDUP".

Saya sangat suka dengan buku fantasi yang berjudul The Silmarillion, karangan dari penulis J. R. R. Tolkien. Siapa yang tidak tahu nama penulis yang memiliki gelar Bapak Fantasi Modern di Dunia ini? Bagi penggemar fantasi sudah pasti tidak asing dengan nama tersebut. Pasalnya hampir semua penulis fantasi di dunia dipengaruhi oleh cara bertutur dan berimajinasinya yang khas dalam mengembangkan cerita. Buku fantasinya pun sudah amat sangat dikenal seperti dua buku yang sudah saya sebutkan diatas The Lord of the Rings, dan The Silmarillion, namun masih ada lagi seperti The Hobbit, The Children of Hurin, Beren & Luthien dan masih banyak lagi. Hal yang lebih menarik lagi dari buku-buku Tolkien, semuanya berlatar di dunia yang sama. Yaitu, Arda, hanya saja masing-masing kisah berbeda latar waktu. Nah, kembali lagi ke The Silmarillion, buku setebal 624 Halaman ini sangat padat dengan pengembangan dunia di Arda.

The Silmarillion bagaikan kitab bagi para penggemar Tolkien. Bagaimana tidak, di Bab awal dari buku ini kalian akan diajak ke masa pada permulaan zaman, dimana semua di awali, dari diciptakannya para ainur, diciptakannya Arda, diciptakannya kaum Elves, Dwarves, dan Manusia. Bahkan di kisahkannya awal mula bulan dan matahari. Kisah ini berada di zaman pertama. Tidak kalah pula kisah-kisah yang berada di zaman kedua seperti kisah kejatuhan Numenor, kisah The Rings of Power, dan kisah kebangkitan kembali Sauron yang nantinya akan dilanjutkan ke kisah di zaman ketiga yang sangat populer, The Hobbit dan The Lord of The ring. Buku yang sangat menawan dalam hal pengembangan dunia. Menarik bukan?

Aspek lain yang paling menarik dari kisah fantasi adalah perasaan yang tidak diketahui yang merasuk di setiap halaman. Para karakter harus menavigasi melalui lanskap yang berbahaya, penuh tantangan, bertemu dengan makhluk-makhluk ajaib, dan mengungkap misteri di dalam petualangan untuk mencapai tujuan mereka.

Kebaikan melawan Kejahatan

Inti dari banyak kisah Fantasi adalah perjuangan abadi antara kebaikan dan kejahatan. Para pahlawan harus menghadapi kekuatan gelap yang menyebarkan kekacauan dan kehancuran, mewujudkan pertempuran kuno antara cahaya dan kegelapan. Seperti di dalam kisah The Lord of The Ring, bagi kamu yang sudah membaca bukunya atau menonton filmnya pasti tahu yang dilawan tokoh utama adalah sang dark lord "Sauron" dan pasukan gelapnya. Cahaya dan Kegelapan adalah premis yang klise di dalam fantasi, hampir kebanyakan kisah fantasi memiliki premis yang sama tapi meski tema ini sering muncul dalam kisah fantasi, setiap cerita memiliki keunikan dan daya tariknya masing-masing. Para penulis fantasi terus berinovasi dan menciptakan kisah-kisah baru yang memikat hati pembaca dari berbagai kalangan.


Dunia fantasi adalah tempat di mana imajinasi tidak terbatas. Mari jelajahi kedalaman pesona dan mulailah perjalanan yang tiada duanya saat kamu menyelami dunia fantasi yang menawan. Dalam setiap halaman buku, adegan film, atau langkah dalam game, kamu akan menemukan keberanian, kebijaksanaan, dan persahabatan. Tetaplah berani, tetaplah penasaran, dan yang paling penting, tetaplah berimajinasi.


EmoticonEmoticon