5 Platform kursus online yang dapat kamu coba dan ikuti Gratis - IIHIDAYAT.COM

5 Platform kursus online yang dapat kamu coba dan ikuti Gratis

5 Platform kursus online yang dapat kamu coba dan ikuti Gratis

Sudah satu minggu lebih saya tidak menulis artikel di blog ini. Apa yang ingin dibahas kali ini adalah kursus online, kebetulan saya banyak mengikuti beberapa kursus online baik itu yang berbayar maupun yang gratisan, dan di artikel ini saya akan membahas beberapa kursus online yang tentu saja gratis dan menarik untuk di ikuti. Di era digital saat ini, pembelajaran tidak lagi hanya terbatas pada ruang kelas fisik. Dengan begitu meningkatnya perkembangan teknologi, banyak platform yang menyediakan pembelajaran secara online. Walaupun kebanyakan berbayar, tapi tahukah kamu? Ada beberapa situs pembelajaran yang dapat kamu akses dan ikuti secara gratis, bahkan kamu bisa mendapatkan sertifikasi dan ada 2 situs pembelajaran adalah bagian program resmi dari perusahaan internet dan teknologi besar lho. Mau tahu apa aja itu? Yuk, mari simak.

Google Ads Certification

Google Ads

Mari kita awali dengan program sertifikasi gratis dari perusahaan digital raksasa, siapa yang tidak mengenal Google? Saya yakin semua orang tahu apa itu Google. Layanan Google bukan hanya mesin pencari akan tetapi banyak dan hampir semua orang pasti memakainya seperti Gmail, Gmaps, Gdrive, Google Ads dan, masih banyak lagi. Tahukah kamu bahwa Google memiliki program sertifikasi gratis untuk kamu yang ingin mempelajari bisnis periklanan yang mereka kelola? Google Ads certification adalah program sertifikasi gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu individu mempelajari keterampilan yang diperlukan untuk mengelola kampanye iklan di Google Ads. Program ini mencakup berbagai topik. Apa yang kamu dapat pelajari pun terbagi menjadi 3 tingkatan Beginner, Intermediate, hingga Advanced. Apa yang dapat kamu pelajari dari sini? Kamu akan mendapatkan manfaat seperti mengetahui dasar-dasar periklanan dan strategi untuk mengoptimalkan kinerja iklan di Google Ads. Google juga terus memperbarui materi pelatihan mereka untuk memastikan bahwa kamu selalu dapat mempelajari strategi baru dalam menggunakan Google Ads.

Kamu dapat mengunjungi link berikut Google Ads Certification

Microsoft for Jobs Indonesia

Microsoft Jobs for Indonesia
Microsoft Jobs for Indonesia

Microsoft pun memiliki program kursus online gratis khusus untuk masyarakat indonesia, Microsoft for Jobs Indonesia. Untuk kamu yang tertarik meningkatkan keterampilan digital khususnya di produk aplikasi Microsoft yang memang banyak digunakan dibanyak bidang pekerjaan seperti Memperdalam penggunaan Aplikasi Microsoft Excel, Powerpoint dan Word. Selain itu masih ada pembelajaran lain yang dapat kamu pelajari dari Digital Marketing, hingga Data Analyst.

Kamu dapat mengunjungi link berikut Microsoft Jobs for Indonesia

Udemy Free Course

Udemy
Udemy Free Course

Udemy adalah salah satu platform belajar dan kursus online yang sangat populer dengan berbagai kategori yang dapat kamu pilih. Bahkan banyak instruktur profesional dibidangnya yang dapat kamu pilih. Misalnya jika kamu ingin belajar menulis kamu dapat belajar dari kursus online yang ditawarkan oleh Jessica Brody, penulis profesional yang menulis buku Save The Cat Write a Novel. Tapi, tahukah kamu bahwa selain kursus berbayar Udemy juga menyediakan kursus online gratis? Dari mulai pengembangan web, desain bahkan self-improvement. Kamu hanya perlu memilih mana yang ingin kamu pelajari.

Kamu dapat mengunjungi link berikut Udemy Free Course

Coursera

Coursera
Coursera

Coursera adalah platform kursus online yang bermitra dengan banyak universitas dan perusahaan ternama di dunia untuk menawarkan kursus online. Kamu dapat mempelajari berbagai topik, mulai dari bisnis, teknologi, desain dan masih banyak lagi. Namun, tidak semua kursus disini gratis jadi kamu harus memilah kursus onlinenya terlebih dahulu dan juga jika kamu memilih kursus online gratis disini kamu tidak akan mendapatkan sertifikasi kecuali kamu memutuskan untuk upgrade ke versi berlangganan.

Kamu dapat mengunjungi link berikut Coursera

edX

edX

edX memiliki persamaan dengan Coursera yaitu platform kursus online yang bermitra dengan beberapa universitas terkemuka dunia. Tentu, di platform edX juga tidak terlalu banyak menawarkan kursus online secara gratis jadi harus memilah dulu mana yang berbayar dan mana yang gratis. Namun, tentunya pembelajaran disini cukup untuk mengisi keinginan kamu untuk belajar dengan pembelajaran berkualitas karena kursus online di edX disusun oleh para ahli dari universitas ternama.

Kamu dapat mengunjungi link berikut edX


Itulah beberapa list kursus online gratis dan menarik yang dapat kamu ikuti, untuk meningkatakan keterampilan dan menambah pengetahuan. Di dunia yang semakin digital ini mulailah perjalanan pembelajaran kamu hari ini dan investasikan waktu kamu untuk mengembangkan diri. Jangan ragu untuk memanfaatkan sumber daya pembelajaran gratis ini.


EmoticonEmoticon